Ciwidey Kaya Potensi Wisata

Ciwidey merupakan daerah yang paling banyak memiliki desa wisata di Kabupaten Bandung dan menyajikan pesona alam yang memikat mulai dari kebun stroberi, kebun teh, wisata di Kawah Putih, Situ Patengan, dan masih banyak objek wisata lain yang menjadi daya pikat Ciwidey. Hal yang jangan Anda lewatkan adalah ekowisata karena ditempat ini terdapat beberapa desa wisata ini yang akan memberikan Anda pengalaman mengesankan.



Di sini Anda akan disajikan keindahan panorama perkebunan teh. Hamparan pepohonan teh yang tertata rapih ditemani udara pegunungan yang sejuk. Perkebunan Teh Rancabali merupakan salah satu obyek wisata alam Bandung Selatan. Berada sekitar 50 km di sebelah selatan Kota Bandung pada ketinggian 1.628 dpl. Rata-rata curah hujan di Rancabali pertahun yaitu 4.039 mm. Perkebunan teh ini berlokasi tidak jauh dari obyek wisata Kawah Putih dan Bumi Perkemahan Ranca Upas.

Perkebunan Rancabali terletak di Desa Patengan kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Perkebunan Rancabali sendiri telah berdiri sejak  1870. Masyarakatnya Desa Rancabali masih menjalankan pola hidup tradisional dengan kesehariannya mengolah dua komoditi utama yaitu teh dan kina. Tidak hanya itu kini warga setempat meliputi sekitar 500 petani jugamemanen sayur-mayur, dan tentunya stroberi. Sebagian warga berbisnis stroberi walk, yaitu berjalan-jalan di kebun-kebun stroberi dan pengunjung dapat langsung menikmati kesegaran buah yang dipetik dari pohon.

Terdapat paket wisata kunjungan pabrik bagi Anda yang berminat untuk mengunjungi pabrik teh di Rancabali. Anda akan mendapatkan pengetahuan mengenai proses penanaman, pembibitan, pembukaan lahan, pemeliharaan, pemetikan pemangkasan, sampai pengolahan teh. Paket wisata kunjungan pabrik ini  perorangan sebesar Rp5.000,00 dan apabila menggunakan jasa pemandu wisata dikenakan biaya tambahan sebesar Rp30.000,00.

Kegiatan lainnya adalah Tea Walk yaitu paket wisata Anda berjalan-jalan mengelilingi perkebunan teh Rancabali. Jarak dan rutenya sudah ditentukan yaitu 2 km, 3 km, dan 4 km. Tea Walk ini seharga Rp100.000,00/rombongan termasuk 1x snack dengan jumlah rombongan maksimal 20 orang.

Lokasi Desa Rancabali terletak di Naringgul, Ciwidey Kabupaten  Bandung. Akses menuju kawasan wisata Rancabali dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum ataupun pribadi.  Dari kota Bandung Anda dapat menggunakan angkutan umum baik itu bus antar kota atau angkutan dalam kota (angkot) menuju arah terminal Leuwi Panjang. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan Bus atau Colt trayek Bandung-Ciwidey. Setelah tiba di terminal Ciwidey dilanjutkan dengan menggunakan angkutan umum trayek Ciwidey-Patengan.(***)
Share this article :

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PROFIL DESA KABUPATEN BANDUNG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger