Kopi Jadi Komoditas Unggulan Kabupaten Bandung

Sejumlah kecamatan di Kabupaten Bandung telah mengembangkan program unggulan untuk komoditas jagung dan kopi. Tisna Umaran, Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Bandung, mengungkapkan setidaknya 10 kecamatan di wilayah tersebut telah memiliki program unggulan pengembangan agribisnis kopi, di antaranya Kecamatan Pacet, Soreang, Ciwidey, Cilengkrang, Cimenyan, Paseh, Ibun, Ciparay, Pangalengan, dan Arjasari.

Adapun pengembangan komoditas agribisnis jagung akan dilakukan di sembilan kecamatan, yakni Soreang, Kutawaringin, Cileunyi, Cilengkrang, Cicalengka, Cikancung, Nagreg, Ciparay, dan Arjasari.

“Kami sangat mendukung pengembangan kedua komoditi tersebut karena iklim di daerah tersebut sangat mendukung dalam pengembangan kopi dan jagung,” ujarnya, hari ini.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung, kata dia, ke depan akan memperluas pengembangan produk unggulan setiap kecamatan.

Selain jagung dan kopi, pihaknya akan menambah jenis komoditas lainnya, seperti stroberi dan pengembangan hortikultura organik.

Bantuan Bibit

Petani kopi di Bandung bagian selatan mendapatkan bantuan 1 juta bibit tanaman kopi arabika dari PT Indokom Citra Persada.
Menurut rencana, bibit tanaman kopi tersebut akan ditanam pada musim tanam, pertengahan tahun 2011, usai panen raya yang akan berlangsung pada Februari atau Maret.

Manajer Koperasi Petani Kopi Warga Masyarakat Hutan (Koptan Kowamah) Pangalengan Bandung Dikdik Makmur mengemukakan pohon kopi yang ditanam tersebut biasanya sudah bisa dipanen dua tahun ke depan.

”Indokom memang cukup rutin memasok bibit tanaman kopi kepada kami. Akan tetapi, besaran bantuan bibit tahun ini sangat besar,” katanya, hari ini.

Dia mengatakan bibit tanaman kopi yang diberikan berasal dari pusat pengembangan tanaman kopi di Sulawesi Selatan.

“Bibit ini terbilang bagus karena bisa menghasilkan kopi hingga 25 tahun,” katanya. (sumber: bisnis jabar)
Share this article :

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PROFIL DESA KABUPATEN BANDUNG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger