Pemuda Banjaran Bentuk Lembaga Siaga Bencana

Aksi Siaga Sosial dan Bencana (SINA) adalah sebuah lembaga layanan sosial yang dikelola oleh para pemuda muslim yang berada di bawah naungan PD Pemuda Persatuan Islam Kab. Bandung. SINA memfokuskan kegiatannya pada layanan sosial pada daerah bencana dan rawan sosial/ pemurtadan di wilayah Kab. Bandung.

Program unggulan layanan umat yang sedang dirintis oleh SINA adalah:

1. Layanan Sosial dan Bencana
Merupakan program pemberian bantuan sosial kepada masyarakat yang sifatnya insidental di daerah rawan sosial/ pemurtadan dan daerah bencana alam, berupa: pemeriksaan kesehatan, evakuasi korban bencana, bantuan pangan, pemberdayaan ekonomi, dll.

2. Ambulance Klinik/ Jenasah Gratis
Program ini merupakan layanan transportasi bagi masyarakat yang memerlukan kendaraan untuk membawa pasien ke atau dari rumah sakit. Dan juga transportasi untuk membawa jenasah dari Rumah Sakit ke rumah keluarga. Sementara program ini bersifat GRATIS untuk sewa mobilnya, namun untuk biaya bahan bakar dan pemeliharaan ditanggung keluarga. Insya Allah tidak menutup kemungkinan program ini gratis secara penuh apabila kami sudah memiliki donatur tetap bulanan yang cukup memadai untuk operasional layanan ini. Sehingga keikutsertaan ikhwan menjadi donatur tetap dan menjadi koordinator/ kolektor donatur sangat membantu program ini.

3. Keluarga Donor Darah (KDD)
Layanan ini untuk memfasilitasi masyarakat, khususnya pasien muslim yang memerlukan donor darah dengan segera. Dimana kami akan mendata relawan yang siap mendonorkan darahnya secara rutin atau ketika diperlukan.

4. Pesantren Alternatif
Program ini adalah layanan da'wah dan pendidikan yang dikelola dan dikemas secara khusus untuk dilaksanakan di daerah bencana alam dan rawan sosial/ pemurtadan. Adapun bentuk kegiatan dapat berupa: Pelatihan Kewirausahaan, Out bond, Pesantren Kilat, Bimbingan Belajar, Taman Bacaan, dll.

Mudah-mudahan program layanan SINA bisa efektif sebelum akhir tahun 2009. Tentunya ini tugas kita bersama untuk mensukseskan program SINA. Kami berharap ikhwan/ akhwat turut bergabung menjadi salah satu bentuk Relawan SINA. Silahkan isi formulir kesediaan ikhwan dan ikuti Training Relawan Pemula (TRP) SINA.

Akhir kalam, mudah-mudahan program layanan sosial ini dapat segera terwujud dan menjadi layanan terdepan masyarakat, khususnya kaum dhu'afa di wilayah Kab. Bandung. Amin.

Informasi dan donasi hubungi Call/ SMS Center SINA: 022-70364633 (***)
Share this article :

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PROFIL DESA KABUPATEN BANDUNG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger